Menengok Masjid Tertua Di Indonesia

1. Mesjid Saka Tunggal (1288)
Mesjid Saka tunggal berlokasi di Desa Cikakak Kecamatan Wangon dibangun pada tahun 1288 sebagaimana terukir di Guru Saka (Pilar Utama) mesjid.memiliki mimbar masjid yang juga cukup tua Cara pembangunan mesjid kuno ini ditulis dalam buku karangan Kyai Mustolih, pendiri mesjid.

Tiap-tiap tanggal 27 rajab diadakan ziarah di mesjid dan membersihkan makam Kyai Jaro Mustolih. Mesjid ini berlokasi sekitar 30 km dari kota Purwokerto. Disebut Saka Tunggal sebab di mesjid ini di tengahnya ada satu tiang (saka tunggal) sebagai maksud ilustrasi bahwa Allah itu satu.
mesjid tua wapauwe
2. Mesjid Wapauwe (1414)
Mesjid ini masih terawat dengan bagus, dibangun tahun 1414 masehi di Maluku sebagai sentra penyebaran Islam di Maluku masa lampau. Awalnya mesjid ini bernama Mesjid Wawane sebab dibangun di lereng Gunung Wawane oleh Pernada Jamilu, keturunan Kesultanan Islam Jailolo dari Moloku Kie Raha (Maluku Utara).

Kedatangan perdana Jamilu ke tanah Hitu sekitar tahun 1400 M, yaitu untuk mengoptimalkan ajaran Islam pada lima negeri di sekitar pegunungan Wawane ialah Assen, Wawane, Atetu, Tehala dan Nukuhaly, yang sebelumnya telah dibawa oleh mubaligh dari negeri Arab.

Mesjid Wapauwe cuma berukuran 10 x 10 meter, meski bangunan tambahan yang yaitu serambi berukuran 6,35 x 4,75 meter. Tipologi bangunannya berbentuk empat bujur kandang. Bangunan autentik pada dikala pendiriannya tak memiliki serambi. Konstruksi bangunan induk dirancang tanpa mengaplikasikan paku atau pasak kayu pada tiap-tiap sambungan kayu.

mesjid sunan ampel
3. Mesjid Ampel (1421)
Mesjid Ampel ialah sebuah mesjid kuno yang berada di komponen utara Kota Surabaya, Jawa Timur. Mesjid ini didirikan oleh Sunan Ampel, dan didekatnya terdapat rumit makam Sunan Ampel.

Dikala ini Mesjid Ampel ialah salah satu tempat tujuan liburan religi di Surabaya. Mesjid ini dikelilingi oleh bangunan berarsitektur Tiongkok dan Arab. Di samping kiri halaman Mesjid Ampel, terdapat sebuah sumur yang diyakini adalah sumur yang bertuah.

MASJID AGUNG DEMAK
4. Mesjid Agung Demak (1474)
Mesjid Agung Demak yaitu salah satu masjid yang tertua di Indonesia. Mesjid ini berlokasi di desa Kauman, Demak, Jawa tengah. Mesjid ini dipercayai pernah adalah daerah berkumpulnya para Wali Songo untuk penyebaran agama Islam. Pun para wali berembuk di mesjid Demak untuk membahas penyebaran agama Islam di Indonesia

Mesjid ini didirikan oleh Raden Patah rada pertama dari Kesultanan Demak Bintoro pada abad 15 masehi. Mesjid ini memiliki bangunan-bangunan induk dan serambi. Bangunan induk mempunyai empat tiang utama yang disebut Saka Guru. Tiang ini konon berasal dari serpihan-serpihan kayu, sehingga dinamai Saka Tatal bangunan serambi yakni bangunan terbuka. Atapnya berbentuk limas yang disangga delapan tiang yang disebut saka Majapahit.

Konon dikala Sunan Kalijaga kesusahan mendapatkan kayu jati, akibatnya mengumpulkan tatal-tatal dan diikat menjadi sebuah tiang yang sampai sekarang masih dilestarikan. Di dalam lokasi rumit Mesjid Agung Demak, terdapat sebagian makam raja-raja Kesultanan Demak dan para abdinya. Di sana juga terdapat sebuah museum, yang berisi berjenis-jenis hal mengenai riwayat berdirinya Mesjid Agung Demak.

mesjid sultan suriansyah
5. Mesjid Sultan Suriansyah (1526)
Mesjid Sultan Suriansyah dibangun tahun 1526 oleh Raja Banjar pertama di Kalimantan Selatan. Mesjid ini berlokasi di utara Kecamatan Kesehatan, Banjarmasin Utara, Banjarmasin, tempat yang diketahui sebagai Banjar Lama yakni ibukota Kesultanan Banjar untuk pertama kalinya.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Cara Simpel Mendekorasi Kamar Anak Dengan Nyaman Dan Juga Awet

Cara Mendekor Kamar Si Kembar Terbaru Yang Lagi Nge-hits

manjakan tamu dengan kursi tamu mewah